Langsung ke konten utama

Cara mengobati batu empedu di rumah

Cara mengobati batu empedu di rumah - Batu empedu adalah endapan keras yang terbentuk di dalam kantong empedu, organ kecil yang berada di belakang hati di sisi kanan perut Anda.

Cara mengobati batu empedu di rumah


Batu empedu dapat berkisar dalam ukuran dari yang lebih kecil dari sebutir pasir sampai lebih besar dari bola golf. Menurut American Medical Association, 80 persen batu empedu terbuat dari kolesterol keras yang berkembang bila ada terlalu banyak kolesterol di kantong empedu. Penyebab lainnya termasuk tingginya kadar bilirubin dan konsentrasi empedu di kantong empedu.



Kehamilan, obesitas, diabetes, penyakit hati, gaya hidup tidak teratur, diet tinggi lemak, dan bentuk anemia tertentu adalah beberapa faktor risiko batu empedu. Orang yang berusia lebih dari 60 tahun, betina dan penduduk asli Amerika atau Hispanik memiliki risiko batu empedu yang lebih besar.

Banyak orang mengembangkan batu empedu dan tidak pernah mengetahuinya. Tapi bila batu empedu menghalangi saluran empedu, bisa menyebabkan gejala seperti onset nyeri parah terutama di sisi kanan perut, sakit punggung, mual atau muntah, kembung, gangguan pencernaan, penggelembungan dan kotoran berwarna tanah liat. Rasa sakit yang disebabkan batu empedu bisa berlangsung selama beberapa menit sampai beberapa jam.

Baca juga : Obat batu empedu di apotik

Batu empedu dapat menyebabkan banyak rasa sakit dan harus segera diobati. Jadi, konsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosis dan perawatan yang tepat. Ada beberapa pengobatan rumah alami juga yang dapat Anda gunakan untuk mencegah dan mengobati batu empedu.

1. Cuka Apel

Sifat asam cuka sari apel menghentikan hati dari membuat kolesterol yang bertanggung jawab untuk membentuk jenis batu empedu yang paling umum. Ini juga memainkan peran kunci dalam melarutkan batu empedu dan mengurangi rasa sakit.
  • Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam segelas jus apel. Minumlah kapan pun Anda memiliki serangan batu empedu. Hal ini secara signifikan akan mengurangi rasa sakit dalam 15 menit.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan dua sendok teh cuka sari apel dan satu sendok teh jus lemon ke segelas air hangat. Minumlah dengan perut kosong di pagi hari. Melakukan hal ini secara teratur selama berminggu-minggu dapat melarutkan batu empedu dan mencegah rasa sakit.

2. Jus lemon

Bahan lain yang bagus untuk menjaga serangan batu empedu yang terkendali adalah jus lemon. Ini menghentikan hati Anda dari membuat kolesterol, yang membantu dalam pemulihan lebih cepat. Pektin dalam jus lemon dipercaya bisa membantu menyingkirkan nyeri empedu yang disebabkan batu.

Plus, vitamin C dalam jus lemon membuat kolesterol lebih larut dalam air, yang mendorong penghapusan produk limbah lebih cepat.
  • Minum jus segar yang diperas dari empat lemon setiap hari dengan perut kosong. Ikuti minuman dengan segelas air. Lanjutkan terapi ini selama seminggu.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa meminum empat sendok makan jus lemon dicampur dalam segelas air hangat setiap hari pada waktu perut kosong. Lanjutkan perawatan ini selama beberapa minggu sampai batu empedu dieliminasi dari tubuh.

3. Peppermint

Peppermint membantu pencernaan dengan merangsang aliran empedu dan cairan pencernaan lainnya. Plus, ia memiliki senyawa yang disebut terpene yang secara efektif dapat melarutkan batu empedu. Hal ini juga diyakini dapat membantu mengatasi kejang dan meredakan nyeri kandung empti akut.
  • Rebus satu gelas air.
  • Tambahkan satu sendok teh daun peppermint kering.
  • Angkat dari panas, tutup dan terjal selama lima menit.
  • Saring dan tambahkan satu sendok teh madu.
  • Nikmati teh selagi masih hangat, dua kali sehari selama empat sampai enam minggu. Minumlah di antara waktu makan untuk hasil maksimal.

4. Jus Sayuran

Saat menderita batu empedu, penting untuk mengurangi makanan yang digoreng dan berlemak. Untuk satu atau dua minggu, ikuti diet ketat berdasarkan jus buah dan sayuran. Jus sayuran campuran yang terbuat dari akar bit, mentimun dan wortel merupakan obat yang baik untuk batu empedu.

Bit akar membantu membersihkan hati dan menguatkan kantong empedu. Ketimun kandungan air yang tinggi sangat bagus untuk mendetoksifikasi hati dan kantong empedu. Wortel kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Ekstrak jus dari satu akar bit, satu mentimun dan empat wortel ukuran sedang.
  • Campur dan minum jus ini dua kali sehari.
  • Ikuti obat ini selama dua minggu dan Anda akan melihat adanya perbaikan besar dalam kondisi Anda.

5. Psyllium

Psyllium adalah sumber serat larut yang sangat baik, oleh karena itu merupakan obat yang baik untuk batu empedu. Serat dalam psyllium mengikat kolesterol dalam empedu dan membantu mencegah batu empedu terbentuk.

Plus, ini meningkatkan pergerakan usus normal, yang mengurangi risiko sistem kandung empedu menjadi padat. Selain itu, psyllium mencegah konstipasi, suatu kondisi yang terkait dengan pembentukan batu empedu yang meningkat.
  • Tambahkan satu sendok makan bubuk psyllium ke segelas air.
  • Campur dengan baik dan minumlah dua kali sehari.
  • Ulangi setiap hari sampai batu empedu Anda hilang.

Catatan: Saat mengambil psyllium, pastikan Anda banyak minum air karena menyerap air.

6. Dandelion

Dandelion adalah ramuan lain yang sangat berguna untuk pengobatan batu empedu. Ini mengandung senyawa yang dikenal sebagai taraxacin yang membantu dalam ekskresi empedu dari hati. Ini juga membantu mendetoksifikasi dan memetabolisme akumulasi lemak di hati. Saat hati mulai berfungsi dengan baik, ia membantu fungsi kandung empedu.
  • Tempatkan satu sendok teh akar dandelion kering di cangkir. Tuangkan air panas ke dalam cangkir, tutupi dan biarkan terjepit selama lima menit. Saring dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah teh ini dua atau tiga kali sehari selama satu atau dua minggu.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa menyiapkan teh herbal dengan menambahkan dua sendok teh akar marshmallow dan satu sendok teh akar anggur Oregon ke empat cangkir air. Biarkan mendidih selama 15 menit dan kemudian angkat dari api. Sekarang, tambahkan dua sendok teh daun dandelion kering dan satu sendok teh daun peppermint kering dan biarkan sampai curam selama 15 menit. Akhirnya, saring dan minumlah teh ini sepanjang hari.

Selain itu, Anda bisa makan sayuran hijau dandelion dengan menambahkannya ke salad Anda atau mengukusnya - Cara mengobati batu empedu di rumah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengolah mengkudu untuk amandel

Mengkudu memang dikenal sebagai salah satu buah yang cukup mempunyai banyak khasiat, selain bagus untuk penderita diabetes buah yang satu ini ternyata cukup bagus untuk penyakit amandel. Cara mengolah mengkudu untuk amandel cukup mudah, dan berikut dibawah ini adalah cara membuat ramuan obat amandel dari mengkudu. Siapkan 2 buah mengkudu Madu Kemudian cuci buah mengkudu sampai bersih Parut buah mengkudu sampai halus Setelah itu peras dengan kain hingga keluar airnya Tambahkan madu Aduk sampai rata Kemudian konsumsi sebanyak 3 kali sehari Seperti itulah cara mudah mengolah buah mengkudu untuk penyakit amandel. Mengkudu mempunyai banyak kandungan yang berkhasiat, seperti nutrisi, terpenoid, scolopen, zat antikanker, Xeronine dan proxeronine. Baca juga : Obat amandel di apotik Tidak hanya untuk amandel dan diabetes, secara umum buah mengkudu memiliki manfaat untuk : Memperlancar peredaran darah Memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan

Cara mengobati sakit jantung dengan daun binahong

Cara mengobati sakit jantung dengan daun binahong - Penyakit jantung memang penyakit yang sangat mematikan, maka tidak heran pasien sakit jantung tidak segan untuk mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk mengobati penyakit ini. Cara mengobati sakit jantung dengan daun binahong Tapi tahukah anda bahwa ada cara tradisional untuk membantu mengobati penyakit jantung ? ya daun binahong adalah salah satu tanaman herbal yang mempunyai khasiuat cukup bagus buat kesehatan, termasuk jantung. Daun binahong adalah tanaman yang berasal dari Korea, belakangan tanaman ini banyak ditanam dan dibudidayakan di Indoesia karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Ada berbagai macam kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh daun binahong, seperti Antioksidan, zat alkaloid, dan saponin. Kandungan saponin dalam daun binahong cukup berkhasiat bagi penderita penyakit jantung karena kandungan ini mampu membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut tentu bagus buat orang

Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat

Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat - Sudah sejak lama daun salam dikenal sangat berkhasiat bagi penderita asam urat. Menurut sumber yang saya baca, daun salam mengandung minyak minyak atsiri, tannin, serta minyak esensial dan ekstrak metanol yang dipercaya bermanfaat untuk penderita asam urat. Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat Bagi anda yang menderita asam urat bisa memanfaatkan daun salam untuk membantu mengobati penyakit ini, Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat juga cukup mudah, dan berikut dibawah ini adalah tips pengolahan daun salam untuk mengobati asam urat. Cara mengolah daun salam untuk mengobati asam urat Pertama sediakan 15 lembar daun salam yang masih bagus kondisinya Kemudian cuci semua daun salam tersebut sampai bersih Jika sudah dicuci, rebuslah daun salam dengan air kurang lebih 3 gelas Tunggu sampai rebusan daun salam mendidih hingga airnya berkurang setengahnya Setelah air rebusan berkurang kira k